Rabu, 10 Oktober 2018

13 Perintah ARC

Garis, Lingkaran, dan sekarang akan kita bahas mengenai garis lengkung atau ARC. Perintah ARC digunakan untuk membuat lengkungan dan ada beberapa metode yang dapat digunakan.

1. Lengkungan dengan 3 titik singgung.
Metode yang pertama ini terdapat 3 titik singgung yang di lewati oleh lengkungan. Untuk memilih urutan titik pertama, titik kedua, dan  titik ke tiga selalu ingat arah putaran positif adalah arah berlawanan jarum jam. Di bawah ini merupakan contoh kasus dalam pembuatan lengkungan dengan metode 3 titik singgung.



2. Lengkungan dengan menentukan start point (SP), end point (EP), dan center point (CP).
Metode ini digunakan untuk membuat lengkungan yang mendekati bentuk setengah lingkaran. Untuk menggunakan metode ini kita harus menentukan titik awal (SP), kemudian titik akhir dari lengkungan (EP), dan menentukan titik pusat lengkungan (CP). Di bawah ini merupakan contoh kasus dalam pembuatan lengkungan dengan metode SP,EP,CP.


3. Lengkungan dengan menentukan start point (SP), center point (CP), dan besar sudut lengkung (A).
Metode ini digunakan untuk membuat lengkungan yang mendekati bentuk setengah lingkaran, bisa juga seperempat lingkaran dengan cara mengatur besar sudut lengkung, di hitung dari titik awal.
Dibawah ini adalah contoh kasus membuat lengkungan dengan menentukan titik awal lengkungan, titik tengah lengkungan, dan menentukan besar sudut lengkungan.


4. Lengkungan dengan menentukan start point (SP), end point (EP), dan Jari Jari lengkung.
Metode ini digunakan untuk membuat lengkungan dengan start point (SP), titik akhir (EP), dan diketahui jari jari sebesar 4 unit. Maka untuk membuat lengkungan tersebut dapat dilihat dari contoh di bawah ini.


Demikianlah beberapa metode dalam pembuatan lengkungan menggunakan perintah ARC.

Video Tutorial AutoCAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar