Kamis, 04 Oktober 2018

10 Sistim Koordinat


Penentuan lokasi titik di dalam AutoCAD menggunakan sistim koordinat. Keuntungan penggunaan Sistim Koordinat ini memberikan hasil yang akurat. Dengan melatih menggunakan Sistim Koordinat ini akan melatih anda untuk mempermudah membayangkan bentuk obyek 2D dan 3D.

Sistim Koordinat yang digunakan ada 3 macam yaitu :
1.   Koordinat Absolut. Format penulisan x,y,z. Semua titik mengacu pada titik 0,0,0. Untuk bidang 2D, sumbu Z bernilai 0, maka biasanya untuk bidang 2D ditulis hanya x,y.

2.  Koordinat relatif kartesian. Format penulisan @x,y,z. Untuk koordinat relatif kartesian titik mengacu pada titik yang sudah ada sebelumnya mengikuti arah urutan pembuatan titik.

3.   Koordinat relatif Polar. Format penulisan @r<a,z. Untuk koordinat relatif kartesian polar diketahui panjang ruas garis (r), dengan arah megikuti arah sudut polar (a), dengan ketinggian tertentu (z).

Semua sisitim koodinat diatas dapat digunakan di AutoCAD untuk pembuatan titik, garis, dan lengkungan. Bisa menggunakan salah satu sistim koordinat atau kombinasi 3 sisitm kooordinat, tergantung kebutuhan dalam pembuatan gambar.
Yang perlu dipertimbangkan adalah untuk penentuan titik awal dapat menggunakan Sistim Koordinat absolute, alasannya adalah karena dengan koordinat absolute titik dapat ditelusuri dengan mudah, untuk titik selanjutnya dapat menggunakan koordinat kartesian karena format penulisan yang lebih mudah dibayangkan.

Demikian materi sistim koordinat yang bisa digunakan dalam AutoCAD. Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar