Selasa, 09 Oktober 2018

12 Perintah CIRCLE

Setelah membahas membuat garis, berikutnya adalah bagaimana membuat lingkaran. Untuk membuat lingkaran kita bias menggunakan perintah CIRCLE yang dituliskan pada command line. Untuk membuat lingkaran ada beberapa cara. Untuk membuat lingkaran terlebih dahulu kita lihat kebutuhan lingkaran tersebut, contoh :

1. Lingkaran dengan titik pusat dan jari jari diketahui.
Buatlah lingkaran dengan titik pusat tertentu dan jari jari lingkaran tersebut 30 unit. Maka cara membuat lingkaran tersebut di AutoCAD sebagai berikut :


2. Lingkaran dengan titik pusat dan diameter diketahui.
Buatlah lingkaran dengan titik pusat tertentu (0,0) dan diameter lingkaran tersebut 24 Unit. Maka cara membuat lingkaran tersebut di AutoCAD adalah sebagai berikut :


3. Lingkaran yang melewat 2 titik. Pusat lingkaran dan ukuran lingkaran tidak di ketahui.
Buatlah sebuah lingkaran yang menyinggung 2 titik (titik P1 dan titik P2). Maka untuk membuat lingkaran tersebut adalah sebagai berikut :


4. Lingkaran yang melewati 3 titik. Pusat lingkaran dan ukuran lingkaran tidak diketahui.
Buatlah sebuah lingkaran yang menyinggung 3 titik (titik P1, titik P2, dan titik P3). Maka untuk membuat lingkaran tersebut adalah sebagai berikut :


5. Lingkaran yang menyinggung 2 titik / garis dan jari jari lingkaran diketahui.
Buatlah sebuah lingkaran dengan jari jari 1 unit dan menyinggung 2 garis. Maka untuk membuat lingkaran tersebut adalah sebagai berikut :



Demikianlah beberapa cara untuk membuat lingkaran. Sekali lagi mengingkatkan bahwa untuk membuat lingkaran perlu diketahui informasi dan kondisi dimana lingkaran tersebut akan dibuat.

Video Tutorial AutoCAD





Tidak ada komentar:

Posting Komentar